Umpan Mancing Ikan Baung Paling Ampuh

Ikan baung adalah salah satu primadona bagi  para pemancing di alam. Sayangnya mungkin masih banyak angler yang boncos saat mancing ikan ini. Jadi mari baca rekomendasi umpan ikan baung paling jitu di artikel ini.



Agar kamu nggak boncos lagi dan bisa merasakan sensasi tarikan ikan baung. Sensasi strike ikan ini merupakan dambaan para angler, sebab beratnya saja bisa mencapai 15 lg khususnya di daerah Sumatera dan Kalimantan yang masih alami.

Umpan Mancing ikan Baung

Namun begitu di Jawa pun juga banyak tersebar ikan baung. Spot mancing ikan baung di Jawa diantaranya adalah waduk seperti waduk gajah mungkur dan juga sungai sungai lain berarus deras dan keruh.

Selain sensasi tarikannya yang memacu adrenalin, daging ikan baung juga dikenal enak. Walaupun ikan baung suka makanan yang berbau busuk namun daging ikan baung tidak bau anyir, mantap kan gan.


Umpan Ikan Baung Paling Jitu


Seperti yang sudah kami bilang, aroma yang disukai ikan baung adalah yang busuk-busuk. Jadi mayoritas umpan berikut ini memiliki bau yang kurang enak.

Namun ikan baung juga menyukai beberapa jenis umpan alami yang bisa kalian baca dibawah ini. Rekomendasi umpan ini mayoritas bisa digunakan untuk umpan mancing ikan baung sungai.


1. Umpan Kucur


Bisa dibilang kucur merupakan umpan baung paling efektif bahkan seringkali digunakan sebagai umpan mancing ikan baung besar. Kelemahannya adalah perlu waktu untuk meracik kucur dan baunya sangat tidak enak.

Pengertian kucur sendiri adalah sebuah umpan yang dibuat dengan cara fermentasi. Dalam proses fermentasi tersebut maka menghasilkan bau busuk. Memang itu tujuannya karena bau yang disukai ikan baung adalah bau busuk.

Resep Kucur


Bahan Bahan 

  • Daging Ikan (bisa ikan lele, ikan bandeng dll)
  • Lemak Sapi (Gajih)
  • Kapas


Cara Membuat Umpan Kucur

  1. Ambil daging ikan, pisahkan dari durinya. Kemudian haluskan daging ikan.
  2. Simpan dalam plastik atau toples dan tutup rapat agar tidak ada oksigen yang masuk. Simpan selama 3 atau 4 hari.
  3. Setelah 3 atau 4 hari, masak Gajih hingga keluar minyaknya.
  4. Ambil minyaknya saja lalu campur dengan daging ikan dan kapas, lalu aduk hingga rata.
  5. Setelah itu kembali lagi simpan adonan tersebut dalam wadah yang tertutup rapat selama 1 minggu.
  6. Saat sudah satu minggu, umpan kucur siap dipakai.

Sebenarnya mudah ya bahan dan cara membuat kucur untuk ikan baung. Namun kendalanya adalah butuh waktu lama dan tidak praktis bagi sebagian orang. Solusinya kamu bisa membeli umpan kucur secara online, karena sudah banyak penjual umpan kucur.


2. Kijing / Kerang Sungai


Kemudian salah satu umpan mancing ikan baung paling manjur selain kucur adalah kijing atau kerang sungai. Kelemahannya adalah mungkin tidak semua angler mau repot-repot mencari kerang sungai. Kerang ini bisa didapatkan di sungai yang dangkal dan jernih.

Cara membuat umpan kijing pun mudah, pertama ambil daging kerang dari cangkangnya. Kemudian potong-potong sesuai ukuran kail. Kemudian jemur sebentar agar kandungan airnya berkurang namun tidak sampai kering.

Setelah itu campur dengan Masako dan aduk secara merata. Selanjutnya simpan dalam toples atau botol air mineral yang ditutup rapat selama 3 hari. Setelah itu umpan kijing siap digunakan, jangan lupa pakai masker ya karena akan bau, hehe.


3. Fermentasi Usus


Sudah bukan rahasia jika usus ayam merupakan salah satu umpan ikan baung air keruh yang ampuh. Cara meraciknya adalah campur usus dengan telur ayam dan margarin.

Aduk hingga merata, selanjutnya diamkan dahulu selama 3 hari dalam wadah yang ditutup rapat. Agar bau dari racikan umpan ini bisa lebih keluar, bahkan beberapa angler ada yang menggunakan umpan bangkai ayam, gokil tapi menurut kami terlalu ekstrim.


4. Bekicot


Cari bekicot, hancurkan cangkangnya dan ambil dagingnya saja, lalu buang bagian kakinya yang keras. Selanjutnya masukkan botol aqua dan simpan selama 4 - 6 hari. Setelah itu umpan bisa dicoba, silahkan buktikan sendiri.

Racikan ini bisa digunakan untuk umpan ikan baung malam hari maupun siang hari. Tapi mancing ikan baung biasanya lebih baik jika dilakukan pada malam hari.

5. Keong Mas


Selain cocok digunakan untuk umpan ikan lele, keong mas juga ampuh memikat ikan baung. Namun tentu saja perlu diracik agar memiliki bau busuk yang disukai ikan baung.

Caranya adalah hancurkan rumah keong, ambil dagingnya dan potong seukuran kail. Lalu direndam dalam santan kelapa dan simpan selama 3 hari. Dijamin deh tokcer buat menaikkan ikan baung monster.

6. Umpan Alami


Selanjutnya kamu juga bisa mencoba menggunakan umpan alami sebagai umpan mancing ikan baung di air jernih. Umpan umpan berikut ini tak perlu diracik lagi, tinggal langsung pakai saja.

Umpan Ikan Baung Alami

  • Ikan Sepat 
  • Udang Kecil
  • Ulat Bambu
  • Ulat Pisang
  • Jangkrik
  • Larva Tawon
  • Buah Nangka yang sudah matang

Jadi seperti itulah beberapa jenis umpan mancing ikan baung di sungai air keruh yang bisa kamu coba. Semua umpan tersebut sudah terbukti dan tidak akan bikin kamu boncos saat mancing baung. Silahkan dicoba, salam joran melengkung!.

No comments for "Umpan Mancing Ikan Baung Paling Ampuh"