Umpan Mancing Ikan Nila Paling Jitu

Memancing ikan nila babon merupakan dambaan dari para angler. Karena terdapat kepuasan tersendiri saat dapat menaikkan nila babon. Namun tentu saja butuh umpan mancing nila yang jitu agar bisa merasakan strike nila babon.

Umpan mancing nila merah

Ikan Nila sendiri saat ini masih mudah dijumpai di mana saja. Habitat alami ikan nila biasanya di sungai dan danau. Dan di alam liar seperti inilah biasanya banyak terdapat nila babon.

Dan saat ini ikan nila juga banyak dijumpai di kolam pemancingan. Karena ikan ini juga sering digunakan untuk lomba mancing selain galatama lele.

Dengan adanya perbedaan habitat tersebut, saat ini banyak beredar resep umpan ikan nila merah yang bermacam-macam. Maka di artikel ini kami coba jabarkan satu persatu umpan yang paling efektif.


Umpan Mancing Nila Babon


Berikut ini adalah rangkuman racikan umpan nila paling ampuh yang sudah terbukti. Kamu tinggal pilih sendiri umpan mana yang ingin kamu gunakan. Semuanya punya kelebihan masing-masing dan mayoritas cocok untuk umpan nila babon yang susah makan.


1. Lumut


Berbiaca mengenai umpan alami ikan nila, lumut masih menjadi yang terfavorit. Jenis umpan ini terbukti ampuh menaikkan nila babon. Sebaiknya gunakan jenis lumut yang agak kasar karena nila lebih menyukainya.

Dan kelebihan umpan ini juga praktis tanpa perlu banyak racikan khusus. Tapi kamu bisa juga memambahkan beberapa tetes essen katilayu sebagai campuran umpan lumut mancing nila.


2. Kroto + Pelet


Untuk umpan kedua ini merupakan umpan mancing nila di kolam yang ampuh. Yaitu dengan menggunakan kroto yang sudah di racik. Namun tidak seribet seperti racikan kroto untuk umpan mancing ikan mas.

Cara meracik umpan ini yaitu dengan memeras kroto sampai keluar airnya. Tampung perasan air tersebut, lalu campur dengan pelet cumi atau pelet 99. Selanjutnya tinggal dibuat adonan untuk memancing.


3. Udang Hidup


Udang juga disebut sebut merupakan umpan jitu untuk ikan ini. Yang terpenting pilihlah udang hidup / udang segar ya, kalau udang kemarin mah ikan nila nggak akan nyamber.

Dan juga hanya gunakan jenis udang beras, udang rebon atau udang sungai berukuran kecil-kecil ya. Karena tidak semua jenis udang air tawar cocok untuk ikan nila.


4. Cacing


Cacing merupakan umpan alami yang cocok digunakan sebagai umpan mancing nila di siang hari maupun malam hari. Dan cara memasang umpan cacing ini pastikan ada bagian yang di klewerkan ya.

Sementara itu relatif terdapat banyak jenis cacing yang disukai ikan nila. Diantaranya adalah cacing sawah, cacing susu hingga cacing sampah. Bisa juga memakai ulat hongkong, tapi ini termasuk cacing bukan ya he he.


5. Mie Instan + Kuning Telur


Entah kenapa banyak ikan air tawar menyukai mie  instan, termasuk ikan nila. Namun tidak perlu di masak ya, kalau di masak mah dimakan sendiri saja.

Cara membuat umpan ikan nila dari mie instan adalah dengan menumbuk mie hingga halus. Kemudian campurkan dengan kuning telur bebek atau ayam. Buat adonan yang pas dan jangan terlalu lembek, dan tidak perlu ditambah air ya.


6. Daun Kangkung / Daun Singkong


Dedaunan ternyata juga merupakan makanan yang disukai ikan nila. Tapi bukan sembarang daun ya, gunakan daun singkong atau daun kangkung. Ini bisa digunakan untuk umpan mancing nila liar.

Cara pakainya langsung saja lipat daun dan kaitkan pada kail pancing. Tak perlu dicampur dengan apapun lagi, biasanya ikan nila babon suka dedaunan ini.

Kurang lebih demikianlah beberapa rekomendasi umpan mancing nila selain lumut, karena sejauh ini lumut masih menjadi umpan terpopuler. Selain daftar umpan diatas, alternatifnya bisa juga menggunakan laron, pelet, paser hingga roti klik.

Selamat mencoba ya, umpan tersebut semuanya bisa digunakan sebagai umpan mancing ikan nila di sungai, kolam maupun danau. Jangan lupa juga untuk membaca doa mancing ikan nila, salam joran melengkung!.

No comments for "Umpan Mancing Ikan Nila Paling Jitu"