Umpan dan Cara Memancing Ikan Wader

Bentuknya kecil, ukuran maksimalnya mungkin hanya sebesar 3 jari. Namun anehnya para angler sangat menggemari dalam mancing ikan putihan ini. Dialah ikan wader, ikan kecil yang masih banyak dijumpai di alam liar.

Cara memancing ikan wader

Cara memancing ikan wader pun terbilang mudah, mulai dari peralatan dan juga umpan yang digunakan. Sehingga mancing wader cocok buat para pemancing pemula.

Selain itu para pemancing menyukai ikan ini juga karena kelezatannya. Ikan wader memang paling nikmat jika di goreng garing. Karena akan terasa crispy dan gurih, cocok buat lauk makan.

Cara Memancing Ikan Wader


Umpan mancing wader yang jitu

Berikut ini kami rangkum beberapa tips sebelum mancing ikan wader yang perlu kamu pahami. Ikuti tips ini agar kamu tidak boncos. Dan jangan lupa juga untuk membaca doa mancing ikan.


Senar dan Pancing


Ukuran senar untuk mancing wader biasanya adalah ukuran 0.06 - 0.2 saja. Itu sudah lebih dari cukup buat ngangkat wader. Rekomendasi kami bisa gunakan senar merk navis ukuran 0.12 yang lumayan kecil dan tentu saja murah.

Sementara untuk kail pancingnya tentu saja juga
ukuran kecil. Karena mulut ikan wader kan kecil, berbeda dengan mancing lele yang butuh kail cukup besar.

Rekomendasi ukuran kail pancing wader antara 06 - 08. Kamu bisa memakai kail merk keiryu ukuran 0.6 sudah bisa digunakan untuk beragam ukuran dan jenis ikan wader. Baik itu wader pari maupun wader bintik dua.


Spot Mancing Wader


Lokasi ikan wader biasanya paling banyak dijumpai di sungai-sungai kecil yang jernih dan dangkal. Kemudian juga di daerah rawa-rawa dan sungai sekitar area persawahan. Jadi itulah ciri-ciri sungai yang banyak terdapat ikan wader.

Jika kamu mencari ikan wader di sungai besar, maka kemungkinannya tidak akan ada. Karena di sungai besar pasti banyak predator besar seperti ikan patin yang menjadi salah satu pemangsa ikan wader.


Umpan Mancing Wader


Sebelum mulai mancing wader, terkadang kita perlu ngebom umpan dahulu untuk membuat ikan wader mendekat. Cara ngebom wader sendiri tinggal taburkan umpan di salah satu spot mancing.

Beberapa bahan ngebom wader diantaranya :

  1. Pelet bubuk yang mengapung
  2. Tepung beras, taburkan di permukaan air
  3. Biskuat dilembutkan, dicampur sedikit bawang putih dan air hangat


Jika ikan wader terlihat berkumpul dan memakan umpan bom tersebut. Kamu bisa mulai mancing di spot itu.

Kemudian berikut ini adalah beberapa umpan mancing wader pari paling jitu yang bisa kamu pakai. Yang kami bagi menjadi dua yaitu umpan alami dan buatan / racikan.

Umpan Alami Ikan Wader

  • Kroto (telur semut rangrang)
  • Laron (dibuang sayapnya)
  • Cacing sawah
  • Udang kecil hidup
  • Larva lebah madu
  • Lumut



Racikan Umpan Ikan Wader

  • Tempe mentah + Roti marie atau biskuat, dicampur dan dibentuk bulatan menggunakan air secukupnya
  • Sarimie + BR + Blue Band secukupnya di blender menggunakan air hangat lalu dibentuk bulatan
  • Roti Klik + jangkrik (dibuang sayapnya) di blender lalu dibentuk bulatan
  • Lumut sungai + Terigu + Essen rasa jagung
  • Indomie (dihaluskan) + Kuning telur ayam
  • Roti Klik (dihaluskan) + Kuning telur ayam atau telur puyuh


Jadi itulah beberapa rekomendasi umpan ikan wader yang jitu. Umpan tersebut sudah teruji oleh para angler atau pemancing waderan dan putihan. Selain itu semua umpannya juga termasuk umpan wader yang sederhana dan murah.

Kurang lebih demikianlah tips dan cara mancing ikan wader di sungai, sawah maupun di rawa. Selamat mencoba dan semoga berhasil mendapatkan banyak ikan wader, salam joran melengkung!.

No comments for "Umpan dan Cara Memancing Ikan Wader"