Umpan Alami Ikan Patin di Kolam

Salah satu ikan dari jenis catfish ini sangat digemari di tanah air. Baik untuk di pancing maupun sebagai ikan konsumsi. Karena ikan patin memiliki tarikan yang kuat saat dipancing, dan juga memiliki rasa daging yang enak dan gurih.

umpan alami ikan patin di kolam

Saat ini ikan patin seringkali dijadikan sebagai target untuk lomba mancing galatama. Maka disini kami akan mencoba berbagi umpan alami ikan patin di kolam. Untuk membantu kalian agar bisa menjadi juara mancing patin galatama.

Umpan patin alami yang kami bahas ini bisa juga kalian gunakan untuk mancing ikan patin di sungai. Namun tahu sendiri lah saat ini sudah cukup jarang dijumpai ikan patin liar, khususnya di Jawa. Kecuali mungkin di sungai sungai Kalimantan dan Sumatera masih banyak dijumpai ikan patin liar.


Umpan Alami Ikan Patin Babon


Disini kami sengaja hanya membahas jenis umpan alami ikan patin. Untuk racikan umpan lainnya akan kami bahas di artikel lain. Berikut dibawah ini beberapa jenis umpan alami ikan patin / jambal yang paling ampuh biar kamu bisa menaikkan patin babon.


1. Cacing


Seperti mayoritas ikan air tawar lainnya, ikan patin juga menyukai cacing. Di alam liar, cacing merupakan salah satu makanan alami yang disukai ikan patin.

Jenis cacing yang disukai ikan patin biasanya adalah cacing kalung. Cacing kalung biasa terdapat di kotoran sapi.

Alternatif lain yang lebih mudah bisa memakai cacing fosfor. Kamu dapat membeli cacing fosfor di toko umpan ikan. Untuk cara memasangnya potong sesuai ukuran mata kailmu.


2. Jangkrik


Mayoritas jenis ikan air tawar menyukai umpan jangkrik, termasuk juga ikan patin. Bahkan jangkrik juga merupakan salah satu umpan yang disukai ikan lele.

Bedanya jika ikan lele suka umpan jangkrik secara apa adanya. Sementara untuk mancing patin, gunakan umpan jangkrik yang direndam air cuka. Dijamin ikan patin babon langsung tertarik.


3. Kelabang / Lipan


Jenis umpan yang ketiga ini dapat kamu gunakan sebagai umpan mancing patin di kolam air hijau. Sayangnya memang cukup sulit untuk mencari kelabang.

Cara meracik kelabang sebagai umpan patin adalah dengan membakarnya terlebih dahulu, asal jangan gosong. Tujuan dibakar adalah agar aromanya lebih wangi.


4. Pete / Jengkol


Siapa sangka ikan patin juga menyukai pete dan jengkol. Faktanya memang banyak pemancing yang menggunakan umpan ini sebagai umpan mancing patin di kolam air keruh.

Cara menggunakan umpan ini juga mudah, cukup blender pete atau jengkol kemudian campurkan dengan pelet. Akan lebih bagus jika diberi tambahan essen katilayu agar aromanya memikat patin babon.


5. Udang Segar


Udang segar juga cukup disukai pemancing sebagai umpan patin kolam yang susah makan. Bisa digunakan baik di air keruh maupun air kolam warna hijau.

Ingat ya, gunakan udang segar, karena ikan patin dikenal sangat pemilih makanan. Bahkan beda kolam juga bisa beda umpan yang digunakan.


6. Kulit Ayam Bakar


Entahlah ini termasuk umpan alami atau bukan, tapi termasuk salah satu umpan jitu ikan patin babon. Gunakan hanya bagian kulit ayam bakarnya ya, untuk daging ayamnya bisa kamu makan sendiri he he.

Tips menggunakan umpan ini pilihlah ayam bakar yang banyak bumbunya. Semakin medok bumbu ayam bakar tersebut maka semakin bagus digunakan sebagai umpan mancing.


Selain enam jenis umpan tersebut, kamu bisa juga mencoba menggunakan umpan pisang yang sudah matang, cere / kecoa kecil, laron, ati ayam, ulat daun pisang hingga tempe. Banyak sekali bukan variasinya dan yang pasti semua umpan tersebut murah.

Demikian artikel tentang umpan alami ikan patin kolam ini. Selamat mencoba untuk umpan patin harian maupun galatama. Jangan lupa membaca doa mancing nabi khidir biar kamu bisa dapat patin babon.

No comments for "Umpan Alami Ikan Patin di Kolam"