Jenis Jenis Ikan Lele dan Gambarnya

Tak ada yang meragukan popularitas ikan lele di negeri ini. Mulai dari untuk konsumsi hingga obyek untuk memancing. Buktinya saat ini hanya sekali lomba mancing galatama lele.

Maka dari itu sebagai salah satu ikan yang populer bagi para pemancing, ada baiknya kita kenalan dengan berbagai jenis ikan lele. Ikan yang memiliki nama latin Clarias ini ternyata memiliki banyak varian. Mulai dari ikan konsumsi hingga ikan hias.

Dan keunggulan mutlak dari ikan lele adalah kemampuannya bertahan hidup dalam berbagai parameter air yang berbeda beda. Ketangguhan ikan ini lah yang membuatnya menjadi ikan budidaya nomor 1 di Indonesia.

Dimana mana tersebar para pembudidaya ikan lele, juga banyak buku hingga program pelatihan ternak lele. Kisah sukses peternak lele juga sudah seringkali kita dengar. Maka mari kita kenalan lebih dekat dengan ikan yang memiliki ciri khas kumis ini.


Jenis Jenis Ikan Lele Konsumsi di Indonesia


Pembahasan di artikel ini sengaja kami fokuskan pada jenis ikan lele konsumsi. Karena ikan lele konsumsi inilah yang biasanya dijadikan target mancing galatama. Beberapa diantaranya adalah ikan lele lokal dan lele dumbo.

Lele dumbo seringkali menjadi jackpot dalam lomba mancing lele. Biasanya yang merupakan lele babon berukuran besar, jadi pemancing juga perlu pintar pintar agar bisa menaikkan lele dumbo saat mancing lele galatama.


1. Lele Lokal


Jenis ikan lele lokal dan gambarnya

Ini dia lele asli nusantara, biasa juga disebut dengan lele jawa. Ikan lele ini memiliki nama latin Clarias Batrachus. Lele jawa dikenal ada 3 jenis yaitu lele jawa hitam, merah, dan belang belang putih.

Saat ini jenis lele jawa sudah jarang di budidaya karena kurang menguntungkan dari segi ekonomi. Sebab lele jawa cenderung memiliki ukuran kecil dibandingkan lele lainnya, selain itu proses pembesaran ikan lele jawa juga termasuk lama.

Ikan lele jawa inilah yang biasanya ditemui di sungai sungai, alias lele liar. Omong omong walaupun lebih kecil dari jenis lele lainnya, tapi tekstur daging lele lokal terbilang lebih enak.


2. Lele Dumbo


Jenis ikan lele dumbo dan gambarnya

Sesuai namanya, dumbo atau jumbo menggambarkan ukuran lele ini. Lele Dumbo merupakan ikan lele konsumsi terbesar saat ini. Sayangnya daging lele dumbo terkenal agak lembek, beberapa orang juga bahkan kurang suka makan lele yang terlalu besar, karena image ikan lele yang dikenal makan sembarangan.

Ikan lele dumbo sendiri memiliki nama latin Clarias Gariepinus. Jenis lele ini merupakan persilangan dari lele Taiwan dan Afrika Selatan. Pertumbuhan lele ibu dikenal cepat sehingga disukai para peternak lele.


3. Lele Sangkuriang


Jenis lele sangkuriang dan gambarnya

Ini dia jenis lele budidaya terpopuler saat ini di Indonesia, yaitu lele sangkuriang. Lele ini merupakan hasil dari perbaikan genetik lele dumbo. Yang dilakukan oleh Balai Besar Pengembangan Budidaya Air Tawar (BBPBAT) di Sukabumi.

Secara rinci lele sangkuriang adalah hasil perkawinan dari bibit betina lele dumbo F2 (keturunan kedua lele dumbo asli) dengan pejantan lele dumbo F6 (keturunan keenam dari lele dumbo asli).

Lele dumbo asli tersebut merupakan koleksi dari BBPBAT sendiri. Disebut asli karena merupakan lele dumbo pertama kali yang didatangkan ke Indonesia. Jadi kenapa lele ini dinamakan lele sangkuriang adalah karena lele ini mengawini ibunya sendiri seperti legenda sangkuriang.

Keunggulan lele sangkuriang ini adalah memiliki fisik yang besar dan cepat di budidaya. Namun juga memiliki rasa daging yang lebih enak daripada lele dumbo. Saat ini mayoritas peternak lele memilih membudidayakan lele sangkuriang karena paling menjanjikan.


4. Lele Phyton


Jenis lele phyton dan gambarnya

Lele Phyton juga merupakan salah satu ikan lele budidaya yang cukup populer, walaupun belum sepopuler lele sangkuriang. Berbeda dengan lele sangkuriang yang dikembangkan para akademisi, lele phyton dikembangkan secara otodidak oleh kelompok budidaya ikan air tawar Sinar Kehidupan Abadi.

Alasan penanaman lele phyton sendiri adalah karena bentuk kepalanya yang seperti ular phyton. Memang jika di lihat-lihat, bentuk kepala lele phyton sangat jelas berbeda dibandingkan jenis lele lainnya. Untuk rasa lele phyton sendiri, para peternak mengklain tidak kalah dibandingkan lele sangkuriang.


5. Lele Mutiara


Jenis lele mutiara dan gambarnya

Lele Mutiara merupakan salah satu saingan berat lele sangkuriang. Tak tanggung-tanggung dari namanya saja yaitu Mutiara yang merupakan singkatan dari "Mutu Tinggi Tiada Tara".

Ikan lele mutiara dikembangkan dari hasil persilangan lele mesir, paiton, sangkuriang dan lele dumbo. Dan di seleksi selama 3 generasi, tak main-main bukan para peneliti dalam menemukan lele ini.

Balai riset pemuliaan ikan bahkan mengklaim bahwa lele mutiara memiliki laju pertumbuhan 18-40 % lebih tinggi dibanding ikan lain. Juga waktu pembesaran yang relatif singkat, selengkapnya bisa dilihat di artikel ini.

Kurang lebih demikianlah beberapa jenis ikan lele konsumsi yang populer di Indonesia. Kami juga menyertakan gambar dari tiap jenis ikan lele agar kamu lebih mudah mengenalinya. Kalau untuk pemancing sih pasti suka lele dumbo ya, karena tarikannya mantap.

No comments for "Jenis Jenis Ikan Lele dan Gambarnya"