Cara Memancing Ikan Lele Agar Dapat Banyak

Ikan Lele merupakan salah satu jenis ikan yang jadi primadona di kalangan para pemancing. Terbukti dengan seringnya ikan ini digunakan untuk lomba mancing galatama. Maka tak heran jika banyak pemancing mempelajari cara memancing ikan lele.

Cara Memancing Ikan Lele

Teknik memancing ikan ini sebenernya mudah dari segi umpan, karena ikan lele termasuk ikan yang rakus. Terutama jika kamu menggunakan umpan dengan bau yang tajam. Karena bau yang disukai ikan lele adalah bau busuk dan amis.

Ini merupakan sifat natural ikan lele di alam, sehingga ia tergolong tahan di segala kondisi air. Namun tentu saja ikan lele yang sudah lama hidup di kolam galatama memiliki karakteristik yang berbeda. Mulai dari waktu aktifnya dan umpan yang disukai lele tersebut.

Maka dari itu kami membuat artikel ini sebagai panduan sebelum mancing lele. Baik itu di kolam maupun di sungai, di waktu malam maupun siang.


Tips Mancing Lele Paling Ampuh


Berikut kami rangkum beberapa tips trik mancing ikan lele agar dapat banyak. Mulai dari peralatan yang digunakan, juga umpan yang disukai ikan lele. Teknik ini kami buat sesederhana mungkin agar juga bisa diterapkan sebagai cara memancing lele untuk pemula.


1. Peralatan Mancing Lele


Peralatan yang kami maksud disini adalah adalah senar dan kail yang digunakan. Kita harus pandai pandai memilih alat mancing lele karena kan nggak asik kalau lagi mancing galatama tiba-tiba kailnya putus, buang buang waktu aja.

Kail pancing lele yang umum digunakan para pemancing adalah merk hemus no 11 atau 12, daimaru iseama no 11, musashi iseama no 12. Kail kail tersebut sudah lebih dari cukup untuk mancing lele, bisa juga dicoba merk lain seperti stella.

Sementara untuk senar pancing ikan lele, lebih banyak variasinya dari para pemancing. Karena ada pemancing yang menyukai senar tenggelam dan ada juga yang memilih senar tetap mengapung. Jika kalian mau senar tenggelam maka senar harus di rebus terlebih dahulu.

Beberapa merk senar pancing lele yang populer adalah broad ukuran 0.14, maguro 0.28, waterline 0.28. Senar senar tersebut sudah lebih dari cukup, bahkan bisa mancing lele babon hingga 5-6 kg.


2. Tempat Mancing Lele (Kolam / Sungai)


Tempat mancing juga menentukan berapa banyak lele yang akan kamu dapat. Teknik yang digunakan juga berbeda terutama dalam hal umpan. Karena umpan lele liar dan lele kolam jelas berbeda.

Cara memancing lele di kolam baik untuk galatama maupun harian baiknya jangan gunakan umpan yang berbau busuk. Karena mengganggu pemancing lainnya, selain itu juga lele yang sudah lama di kolam cenderung menyukai umpan yang fresh.

Beberapa umpan galatama lele paling populer adalah telur puyuh, jeroan ikan mas, telur sapu sapu. Bisa juga ditambahkan essen yang disukai ikan lele.

Sementara untuk mancing lele di sungai, bisa pakai umpan apa saja asal sabar. Bisa dicoba memakai umpan cacing, jangkrik, anak katak sawah, atau pelet jitu. Bahkan bisa juga memakai umpan ekstrim seperti kotoran hingga cicak bakar.


3. Waktu Memancing Lele


Waktu mancing lele juga berpengaruh pada umpan yang digunakan tergantung malam hari atau siang hari. Karena lele bukanlah ikan yang aktif sepanjang hari.

Ketika mancing lele di siang hari, gunakan umpan hidup seperti cacing, ikan kecil, anak katak. Karena ketika siang lele cenderung tidak aktif dan bergerombol di dasar.

Dengan memakai umpan hidup diharapkan lele akan tertarik dengan umpan yang bergerak gerak. Usahakan agar umpan tidak mengapung ya, jika memakai anak katak gunakan pemberat agar umpan tersebut tidak berenang ke permukaan.

Saat memancing lele di malam hari, gunakan umpan umpan racikan. Seperti pelet jitu, keong, kuning telur, belut bakar hingga cicak bakar. Atau bisa memakai usus ayam yang sudah disimpan selama 1 hari hingga darah sapi yang sudah kental.

Umpan umpan tersebut sangat populer digunakan untuk mancing lele harian. Untuk cara meraciknya silahkan dibaca di artikel racikan umpan lele ampuh.

Demikianlah tips dari kami seputar cara memancing ikan lele yang efektif agar dapat banyak tangkapan. Jangan lupa juga untuk membaca doa dan utamakan bersabar dalam memancing agar tidak boncos.

No comments for "Cara Memancing Ikan Lele Agar Dapat Banyak"