Umpan Alami Ikan Belanak Paling Jitu

Memilih umpan alami ikan belanak memang susah susah gampang. Karena memang tak banyak pilihan yang tersedia, mayoritas umpan jitu belanak adalah umpan racikan.

Umpan Alami Ikan Belanak

Namun meski memakai umpan alami, kami pastikan tidak kalah jitu kok dengan umpan buatan. Karena pada dasarnya saat di alam pun kan ikan belanak makan makanan alami.

Biasanya makanan umpan ikan belanak di sungai adalah organisme organisme kecil di dalam lumpur. Dan tentu saja juga lumut seperti mayoritas ikan sungai lainnya.

Ikan belanak sendiri memiliki ciri mirip dengan ikan bandeng, hanya saja memiliki tubuh yang lebih ramping dan memanjang. Ikan ini biasanya dijumpai di air payau dan sungai, namun memang tidak di semua sungai terdapat ikan belanak.

Gambar Ikan Belanak



Contoh Rahasia Umpan Ikan Belanak Alami


Seperti yang sudah kami bilang, tidak banyak alternatif umpan alami murni untuk belanak. Namun berikut ini kami sudah merangkum beberapa umpan jitu alami yang efektif untuk mancing belanak. Walaupun memang tak semuanya alami, karena ada beberapa umpan racikan pilihan yang mudah untuk dibuat.


1. Lumut Tambak (Klekap) 


Lumut tambak merupakan salah satu jenis umpan mancing ikan belanak di sungai yang paling efektif. Sayangnya tentu saja tidak di semua tempat terdapat tambak ikan.

Lumut tambak sendiri berbeda dengan lumut hijau pada umumnya. Teksturnya sangat lembut, bentuknya seperti lumpur, warnanya abu abu, lumut ini biasanya menjadi makanan ikan bandeng kecil.

Selain di tambak, kamu juga bisa mencari lumut tambak di pinggiran sungai yang dekat dengan tambak. Lumut ini biasanya juga hanya muncul ketika ada terik matahari antara jam 9 - 13.

Cara memakainya gunakan mata kail nomor 7 atau 9. Sedangkan cara merangkainya gunakan dua mata kail diikat menjadi satu dengan arah berlawanan sehingga bentuknya seperti jangkar.


2. Roti Sisir


Ini dia salah satu jenis umpan belanak yang paling mudah di dapatkan. Cukup beli di warung - warung terdekat. Biasanya roti yang digunakan adalah roti sisir merk ramayana.

Sebenarnya merk apapun boleh sih, pada intinya kan sama-sama roti sisir. Sangat sederhana dan mudah sekali kan, dan tentu saja layak untuk dicoba. Kalau ikan tidak mau ya tinggal di makan sendiri hehe.


3. Tepung Terigu + Masako + Minyak Goreng


Alternatif ketiga ini cukup ribet, karena harus mencampur beberapa bahan menjadi satu. Cara meraciknya campurkan Tepung Terigu secukupnya ditambah Masako, baru tambahkan minyak goreng sedikit demi sedikit.

Lalu aduklah hingga tekstur adonan pas, yang penting tidak hancur saat terkena air. Selanjutnya terserah kamu, bisa di kukus maupun tidak.

Umpan ini akan lebih efektif jika ditambahkan dengan essen mancing seperti essen katilayu. Berita baiknya, kami juga menjual essen katilayu, selengkapnya simak di halaman jual essen katilayu.


4. Lumut + Terigu + Garam


Jenis umpan berikutnya ini juga menggunakan lumut, tapi ini lumut biasa bukan lumut sungai. Pilihlah lumut sungai yang sangat sangat lembut ya, jika terlalu kasar biasanya ikan belanak tidak mau memakannya.

Bahan yang dibutuhkan :

  • Lumut secukupnya +/- 1 genggam
  • 250 gr tepung terigu
  • 2 sdm garam
  • 1 gelas air


Cara meracik umpan belanak ini adalah campurkan garam dalam wadah, tambahkan air, lalu aduk aduk hingga garamnya larut. Berikutnya tambahkan lumut dan aduk kembali.

Selanjutnya saring lumut tersebut, dan buang airnya. Kemudian tambahkan tepung terigu pada lumut yang masih basah tadi. Aduk hingga merata, kalau sudah jadi teksturnya akan sedikit kenyal dan elastis.


5. Tepung Terigu + Mentega + Vanili + Gula Pasir


Ini merupakan salah satu umpan jitu belanak yang bisa diandalkan. Cukup repot dalam membuatnya tapi sebanding dengan hasil yang didapatkan.

Bahan yang dibutuhkan

  • 1/2 kg Tepung Terigu
  • 2 sdm mentega
  • 1/2 sachet vanili
  • 2 sdm gula pasir
  • Air secukupnya


Untuk cara membuatnya campurkan semua bahan menjadi satu lalu aduk hingga merata. Masukkan ke dalam plastik dan kukus hingga matang kira kira 60 menit.

Setelahnya langsung di tumbuk saat masih panas, diamkan hingga dingin. Selesai dan umpan belanak siap digunakan.


Demikianlah beberapa alternatif umpan mancing belanak yang alami paling jitu. Selamat mencoba dan semoga mendapatkan banyak tangkapan. Pastikan juga kamu memilih spot mancing belanak yang terbaik karena ini juga menentukan.

No comments for "Umpan Alami Ikan Belanak Paling Jitu"