Umpan Jitu Mancing Ikan Tawes

Apakah kamu tahu apa hal yang paling menentukan keberhasilan saat memancing ikan? Jawabannya adalah umpan mancing yang digunakan. Memang banyak faktor, tapi umpan sangat menentukan boncos tidaknya kamu saat memancing.

Umpan Jitu Mancing Ikan Tawes Babon

Termasuk dalam memancing ikan tawes, salah satu ikan favorit para pemancing di tanah air. Dan kali ini kami akan berbagi umpan jitu mancing ikan tawes yang sudah terbukti anti boncos.

Racikan umpan yang kami ulas ini cocok sebagai umpan mancing tawes di sungai deras maupun di waduk. Pada dasarnya cocok digunakan di berbagai lokasi dan kondisi. Cara meracik umpan ini juga mudah saja dan tidak merepotkan dengan bahan bahan umpan yang sederhana.

Sebelumnya kami juga sudah menulis beberapa umpan mancing tawes sederhana dalam artikel panduan memancing ikan tawes. Dan di artikel kali ini kami akan mengulasnya secara lebih lengkap dan mendalam.


Racikan Umpan Mancing Tawes


Berikut dibawah ini kami rangkum 9 racikan umpan untuk mancing tawes paling jitu. Dengan banyaknya alternatif ini semoga memudahkan kalian memilih jenis umpan mana yang akan kalian gunakan.

Btw banyak yang mengatakan bahwa umpan tawes paling efektif adalah kotoran manusia, tapi tentu saja kami sendiri tak menyarankannya. Kalau mau coba ya silakan saja hehe.


1. Voer Ayam + Kuning Telur + Terigu


Ini pilihan pertama sebagai umpan mancing tawes galatama. Dengan bahan bahan yang mudah didapatkan dan terbilang cukup ampuh.

Takaran bahan yang digunakan secukupnya saja, lalu diracik seperti biasa, voer dihaluskan dan ditambah kuning telur serta terigu secukupnya. Atur teksturnya agar tidak terlalu kering atau juga terlalu lembek.


2. Lumut + Garam


Lumut merupakan salah satu umpan alami ikan tawes, karena di sungai pun ikan tersebut makan lumut. Dan kita akan menambahkan sedikit garam pada umpan lumut.

Tujuannya tentu untuk menambah rasa sehingga bisa lebih menarik ikan tawes. Cocok digunakan saat air sungai cenderung dalam. Karena jika air dangkal biasanya di bawah sungai sudah terdapat banyak lumut.


3. Lumut + Royco Ayam


Sama seperti sebelumnya, di alternatif ketiga ini kita masih memakai bahan lumut. Hanya saja kita mengganti garam dengan penyedap rasa Royco yang rasa ayam.

Kenapa harus rasa ayam? Sepengalaman kami royco yang rasa ayam lebih disukai ikan tawes. Mungkin penyedap rasa ini memiliki aroma yang disukai tawes.


4. Voer Ayam + Kuning Telur + Tai Burung Puyuh + Terasi + Tepung Kanji


Racikan umpan yang berikutnya ini termasuk rumit dan butuh banyak bahan. Tapi hasilnya jangan ditanya, sangat jitu buat mancing ikan air tawar.

Cara pembuatannya dengan mencampurkan voer ayam, tai burung puyuh, terasi dan 3 sdm tepung kanji menjadi satu. Tambahkan air dingin tapi jangan sampai encer. Setelahnya racikan tsb di kukus dan baru dicampurkan dengan kuning telurnya.

Kekurangan dari umpan ini adalah sulitnya mendapatkan kotoran burung puyuh. Solusinya kalian bisa menggantinya dengan pelet ikan tombro yang berwarna kuning kemerahan.


5. Ketela Rambat


Yang berikutnya ini termasuk racikan umpan tawes paling sederhana dan mudah dibuat. Tentunya jika di daerah kalian terdapat ketela rambat ya hehe.

Cara pembuatannya juga simpel, ketela rambat cukup direbus setengah matang. Lalu dipotong kotak kotak dan langsung sudah siap digunakan untuk memancing.


6. Daun Singkong


Daun singkong juga menjadi salah satu umpan yang disukai ikan tawes. Penggunaannya sangat mudah karena tidak perlu diracik dengan apapun terlebih dahulu.

Yang terpenting gunakan daun singkong muda, karena lebih disukai ikan. Lipat sedikit ujungnya untuk dikaitkan ke kail, untuk lebarnya dikira kira saja jangan terlalu lebar.

Sebelum mulai menurunkan kail, coba lakukan bom umpan dulu dengan menyebarkan potongan potongan daun singkong untuk mengumpulkan ikan tawes. Jika dirasa ikan tawes mulai berkumpul, baru kita mulai memancing.


7. Roti Klik + Kuning Telur


Selain roti tawar, roti klik juga familiar sebagai umpan di kalangan pemancing. Termasuk untuk ikan tawes, hanya saja disini kita tambahin kuning telur.

Caranya cukup hancurkan roti klik lalu campur dengan kuning telur hingga cukup kental. Sangat mudah dan cukup efektif buat umpan mancing tawes di kolam.


8. Tempe + Kuning Telur


Tempe juga menjadi bahan umpan ikan paling jitu, bisa memakai tempe biasa maupun tempe busuk. Cara membuat umpan ikan tawes dari tempe juga mudah, cukup tumbuk tempe lalu campurkan dengan kuning telur.

Aduk hingga kira kira cukup kental dan umpan langsung siap digunakan. Umpan ini bisa digunakan dimana saja termasuk sebagai umpan mancing ikan tawes di waduk maupun di sungai.


9. Voer Ayam + Tepung Terigu + Essen


Ini dia salah satu umpan jitu ikan tawes babon yang paling banyak digunakan. Karena disini kita memanfaatkan essen sebagai salah satu bahan umpan ikan.

Cukup mencampur voer ayam dengan tepung terigu dan tambahkan sedikit essen. Gunakan air secukupnya untuk mengentalkan adonan umpan. Dengan umpan ini kamu akan mudah mancing tawes babon.

Essen terbaik untuk ikan tawes bisa menggunakan essen katilayu. Jika tertarik, kami menyediakan essen katilayu dengan harga terjangkau dan free ongkir ke seluruh Indonesia. Klik link dibawah ini untuk menuju halaman pembelian essen katilayu untuk ikan tawes.


Apa yang kami sampaikan dalam artikel ini merupakan best practice kami sekaligus hasil sharing pengalaman dari para mancing mania. Sehingga setidaknya disini kita berusaha maksimal menghindari boncos dengan memakai deretan jenis jenis umpan diatas. Walaupun sekali lagi, ada banyak faktor penentu kesuksesan dalam memancing.

Demikianlah artikel kali ini seputar daftar umpan mancing ikan tawes paling jitu. Semoga racikan umpan yang kami bagikan dapat menjadi referensi kalian untuk memancing ikan sungai ini. Selamat memancing dan semoga tidak boncos!.

No comments for "Umpan Jitu Mancing Ikan Tawes"