Cara Memancing Udang Galah Agar Dapat Banyak

Memancing udang galah merupakan salah satu kesenangan para pemancing selain memancing ikan. Bukan tanpa alasan, sebab mancing udang  ini disebut sebut memiliki sensasi tarikan tersendiri.

Terutama jika cara memancing udang galah kamu hanya memakai joran ukuran kecil. Tentunya tarikan udang galah monster akan menjadi sangat merepotkan sekaligus menyenangkan.

Cara Memancing Udang Galah

Namun faktanya tentu saja tak selalu mudah dalam memancing udang.  Ada banyak faktor yang dapat menyulitkan kamu mendapat udang galah. Mulai dari lokasi yang salah, hingga umpan yang digunakan.

Maka di artikel ini kita akan pelajari bersama bagaimana teknik memancing udang galah yang benar agar mendapat banyak tangkapan.

Sebenarnya selain memancing, kalian juga bisa mencari udang dengan perangkap udang galah. Namun di artikel ini kita fokus hanya seputar tips memancing udang.


Peralatan dan Trik Jitu Mancing Udang Galah 


Joran


Joran untuk mancing udang galah tidak perlu memakai ukuran yang terlalu panjang. Minimal joran ukuran 70 cm sudah cukup untuk digunakan.

Dan yang terpenting, gunakan joran yang bersifat agak lentur. Karena akan memengaruhi gerakan umpan yang akan luwes terlihat hidup.

Jika kita strike udang galah besar, maka joran akan segera melengkung ke bawah. Namun jika umpan dimakad udanh ukuran kecil, biasanya joran akan memantul mantul.

Penggunaan joran yang fleksibel juga  karena cara menarik udang yang tidak bisa secara paksa. Kita harus tarik ulur agar tidak merusak mulut udang, maka dari itu gunakan joran yang agak lentur.


Tali / Senar Pancing


Senar Pancing udang galah sebaiknya juga gunakan ukuran kecil saja, tidak perlu terlalu besar. Gunakan tali dengan ukuran 0,15-0,20, itu sudah lebih dari cukup.

Dan juga ada baiknya jangan gunakan tali kenur karena akan mudah putus jika tergesek gesek terus oleh capit udang galah.


Kail / Mata Pancing


Sesuai peruntukannya, gunakan kail pancing yang memang khusus untuk udang. Karena mata pancing udang memang di desain berbeda dengan mata pancing ikan, biasanya lebih tipis dan bentuknya juga sedikit berbeda.

Tenang saja, kail pancing udang banyak dijual kok di toko alat pemancingan.

Jika terpaksa, kamu juga bisa menggunakan mata pancing ikan. Tentu saja yang ukuran kecil, biasanya pemancing banyak menggunakan kail pancing karbon ukuran antara 1-3.


Batu Timah Pemberat 


Timah pemberat juga wajib kamu gunakan untuk mancing udang galah. Karena udang galah bisanya suka berada di bagian sungai yang dalam.

Ukuran batu timah yang digunakan sendiri berbeda tergantung deras tidaknya sungai. Jika arus sungai deras, gunakan timah ukuran D, jika tidak terlalu deras gunakan yang ukuran E.


Lokasi dan Waktu Memancing


Spot mancing udang galah biasanya paling cocok di sungai yang tidak berarus deras. Biasanya di pinggir sungai yang bagian dalam. Terutama yang banyak pohon tumbang maupun akar akar pohon, karena itu merupakan tempat favorit udang galah.

Atau di tempat tempat yang cukup teduh, karena pada dasarnya udah galah menyukai tempat yang teduh dan banyak perlindungan untuknya. Jadi kira kira seperti itulah ciri ciri sungai yang banyak udang galahnya.

Mengenai waktu memancing terbilang lebih fleksibel, karena udang biasa beraktifitas setiap saat. Namun banyak yang beranggapan jika sore hari adalah waktu terbaik untuk memancing udang.


Umpan Mancing Udang Galah


Berikutnya kita bahas tentang jenis umpan dan cara memasang umpan mancing udang galah. Karena kita tidak bisa sembarangan memasang umpan untuk udang. Sebab cara makan udang dan ikan itu berbeda.

Berita baiknya, kita tidak perlu memakai racikan umpan udang galah secara khusus. Biasanya jenis umpan yang disukai udang galah adalah cacing merah, cacing fosfor, hingga anak udang ukuran kecil.

Selain itu bisa juga menggunakan pelet hingga hati ayam atau umpan belacan untuk udang galah. Perlu diperhatikan juga kita bisa melakukan bom umpan atau chumming untuk membuat udang berkelompok.

Para pemancing biasanya memakai ampas kelapa atau pelet sebagai bom umpan. Caranya dengan memasukkan umpan tersebut ke dalam wadah berongga seperti kain lalu masukkan ke dalam air. Disanalah udang akan berkumpul dan kita bisa memancing di daerah tersebut.

Selanjutnya kita belajar cara memasang umpan cacing untuk mancing udang. Singkat saja yaitu dengan cara menusuk cacing dari ujung kepala sampai buntutnya. Jadi posisi umpan memanjang seperti itu.

Posisi kail pun harus tertutup oleh tubuh cacing, jadi seperti itulah rangkaian pancing udang galah. Jenis umpan ini cocok digunakan untuk memancing udang galah di kolam, tambak maupun di sungai.

Cara Mancing Udang Galah Sungai


Tak lupa juga biasakan untuk membaca doa mancing udang sebelum memulai strike udang galah. Karena walaupun sudah banyak persiapan mancing udang, masih ada faktor faktor lainnya yang memengaruhi hasil tangkapan kita mulai dari kondisi alam hingga faktor rezeki.

Jadi kurang lebih seperti itulah cara mancing udang galah biar dapat banyak. Tentu saja teknik mancing udang ini masih bisa disempurnakan, maka dari itu kami akan selalu mengupdate artikel ini dan semoga selalu bermanfaat untuk kalian.

No comments for "Cara Memancing Udang Galah Agar Dapat Banyak"