Aneka Jenis Udang Air Tawar di Indonesia

Jujur sebelum artikel ini dibuat, saya sudah browsing kesana kemari mencari referensi tentang aneka jenis udang air tawar. Namun sayangnya saya tak menemukan tulisan yang cukup lengkap dan memuaskan.

Maka dari itu saya sengaja menulis sendiri artikel seputar jenis jenis udang sungai di Indonesia. Semoga saja bermanfaat untuk teman teman pembaca sekalian.

Baik itu bagi para pemancing yang suka menangkap udang di sungai, hingga calon pembudidaya udang. Ya, udang air tawar merupakan salah satu komoditas budidaya yang menggiurkan saat ini.

Tahu sendiri lah udang itu sekali bertelur bisa sampai ribuan. Selain itu pasarnya juga luas, oke mari kita ulas ragam udang yang hidup di sungai di Indonesia.

Jenis Jenis Udang Air Tawar


Berikut ini jenis jenis udang sungai atau udang air tawar yang menghuni perairan Indonesia. Semua punya kelebihan masing-masing dan tentu saja sama-sama enak di konsumsi.


1. Udang Galah



Jenis Udang Sungai

Ini dia jenis udang sungai yang paling populer di tanah air. Karena memang banyak dijumpai di sungai, dan menjadi target favorit para pemancing.

Selain itu udang galah juga bisa mencapai ukuran yang cukup besar dan identik dengan capitnya yang berwarna biru. Bahkan diantara jenis udang lainnya, udah galah dikenal sebagai salah satu udang terbesar.

Habitat udang galah sendiri tentunya di air tawar terutama di sungai dengan perairan dangkal.

Ciri ciri udang galah adalah mempunyai kepala berbentuk kerucut, bentuk tubuhnya panjang dan melengkung ke atas. Udang galah dewasa juga memiliki bentuk capit yang panjang dan besar.


2. Udang Batu



Jenis Udang Air Tawar Indonesia

Udang batu merupakan jenis udang sungai yang ukurannya cukup kecil apalagi jika dibandingkan dengan udang galah.

Ciri ciri fisik udang batu adalah mempunyai kulit yang bertekstur kasar dan berwarna kemerahan. Ukuran maksimal udang batu adalah sekitar 12 - 13 cm.

Udang batu biasa dijumpai di muara muara sungai. Selain itu walaupun dikenal sebagai udang air tawar, ia juga bisa dijumpai di daerah perairan pantai.


3. Udang Beras



Ciri ciri udang sungai

Sesuai namanya, udang beras ini dikenal seperti beras, ukurannya kecil kecil. Panjangnya saja biasanya hanya berkisar antara 2 - 3 cm.

Walaupun kecil, udang beras dikenal sebagai salah satu udang budidaya yang paling menjanjikan. Populasi udang beras sendiri tersebar di seluruh perairan tanah air baik di sungai dan danau.

Ciri khas udah beras dapat dilihat dari tubuhnya yang berwarna kuning jingga. Udang ini juga biasa digunakan sebagai umpan mancing nila liar.

Satu hal yang menarik, udang ini disebut sebut memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Nampaknya walau kecil tapi banyak disukai ya udang ini, atau mungkin karena relatif mudah dikembang biakkan.


4. Lobster Air Tawar



Klasifikasi udang air tawar

Sebenarnya yang terakhir ini mungkin bukan termasuk jenis udah ya tapi anggap saja masih saudaranya udah lah ya. Lobster air tawar merupakan salah satu penghuni sungai di tanah air.

Terutama sungai sungai di Kalimantan dan daerah lainnya yang sungai nya masih alami. Karena crustacea satu ini dikenal tidak bisa hidup di air yang sudah tercemar. So, mari kita jaga sungai kita ya.

Secara bentuk, lobster air tawar tentu saja mirip mirip dengan lobster laut. Hanya saja ukurannya cenderung lebih kecil.

Jadi demikianlah ulasan dari kami seputar ragam jenis udang sungai di Indonesia. Jika kalian memiliki pengetahuan tentang udang air tawar lainnya yang mungkin belum kami tuliskan, kalian bisa berkomentar dibawah.

Tentunya artikel ini akan selalu kami update jika kami mengenal jenis jenis terbaru udang di Indonesia. Semoga bermanfaat dan share artikel ini untuk mengedukasi orang orang diluar sana.

No comments for "Aneka Jenis Udang Air Tawar di Indonesia"