Cara Menangkap Udang Air Tawar / Udang Sungai

Apa kalian tahu kalau menangkap udang di sungai atau udang air tawar itu sangatlah mudah?. Cukup dengan peralatan sederhana kalian bisa mendapatkan banyak tangkapan udang di sungai. Dan di artikel ini kami akan mengulas secara mendalam tentang cara menangkap udang air tawar dengan mudah dan efektif.

Ada banyak cara mudah untuk menangkap udang di sungai. Yang tentunya berbeda dengan cara mencari udang di laut. Trik menangkap udang sungai terbilang mudah dan cukup memakai peralatan sederhana.

Dibawah ini kami akan berbagi trik mencari udang yang dapat kamu praktekkan. Baik udang tersebut untuk di konsumsi maupun untuk digunakan sebagai umpan mancing ikan.


Cara Menangkap Udang di Sungai dengan Mudah dan Pasti Berhasil



1. Menggunakan Pancing


Cara menangkap udang

Cara pertama untuk mencari udang air tawar yaitu dengan cara memancing seperti memancing ikan. Namun tentu saja kamu tak perlu menggunakan senar yang tebal dan timah yang besar. Cukup gunakan senar atau tali ukuran 0,15 atau 0,20.

Sementara untuk timahnya gunakan timah yang tidak terlalu besar. Apalagi udang biasanya terdapat di perairan yang tenang sehingga timah ukuran sedang pun pasti tak akan terbawa arus. Berbeda sekali bukan dengan cara memancing belut yang perlu timah dan senar ukuran besar.

Untuk umpan mancing udang, menurut kami cacing masih menjadi yang paling efektif. Gunakan cacing sebagai umpan, sambil taburkan parutan kelapa di lokasi kalian memancing. Biasanya udang galah sungai sangat menyukai umpan tersebut.


2. Menggunakan Bubu


Bubu merupakan alat tradisional untuk menangkap berbagai hewan air. Mulai dari ikan, kepiting dan tentu saja udang, yang membedakan adalah umpan yang dipakai. Kami yakin kalian sudah tahu lah seperti apa bentuk bubu, jika belum tahu kalian bisa lihat gambarnya dibawah ini.


Tips menangkap udang air tawar
Bubu kayu sederhana 

Cara menangkap udang dengan bubu
Bubu Jaring Udang 

Teknik menangkap udang sungai
Bubu payung yang biasa dijual online

Untuk umpannya, kalian bisa menggunakan pelet yang dilunakkan, campurkan dengan terasi. Bisa juga menggunakan keong yang dihancurkan. Selanjutnya masukkan bubu ke sungai dan angkat setelah beberapa waktu terserah kalian, bisa semalam atau selang beberapa jam.

Bubu juga terbilang salah satu cara mencari udang paling efektif. Karena bisa digunakan untuk menangkap beragam jenis udang. Bahkan tak jarang kita mendapatkan bonus ikan yang masuk ke dalam bubu.

Jika kalian ingin cara cepat menangkap udang dengan bubu, kalian bisa menggunakan bubu sederhana. Yaitu menggunakan botol air mineral yang sudah di modifikasi. Potong 1/4 bag atas botol dan masukkan ke bagian bawah secara terbalik sambil buang tutup botolnya (biarkan terbuka).

Rekatkan kedua potongan tersebut dan lubangi bagian bawahnya agar air bisa keluar saat bubu di angkat. Jangan lupa tambahkan lubang sebagai pengait tali untuk mengangkatnya. Umpannya pun sama saja dengan umpan diatas, bisa juga menggunakan nasi kemarin yang sudah kering.

Cara pakainya tinggal masukkan bubu botol air mineral ke sungai, tunggu sebentar lalu angkat. Sudah pasti kamu bisa mendapatkan beberapa ekor udang, mudah dan tidak perlu biaya joran pancing dll.

Demikianlah sedikit tips dari kami seputar cara menangkap udang air tawar / udang sungai dengan mudah. Selamat mencoba dan semoga berhasil, jika kamu punya tips menangkap udang galah lainnya kamu bisa berbagi di kolom komentar.

No comments for "Cara Menangkap Udang Air Tawar / Udang Sungai"