Racikan Umpan Mancing Belut Paling Jitu

Memancing belut merupakan salah satu kegiatan mancing yang digemari para mancing mania. Kegiatan yang kerap disebut sebagai ngurek belut ini memberikan pengalaman dan sensasi luarbiasa saat kita merasakan tarikan si belut monster. Namun tentunya untuk mudah mendapatkan belut ukuran besar, kita juga perlu menggunakan umpan mancing belut yang tepat dan jitu.

umpan jitu mancing belut

Kita tak bisa sembarangan memilih umpan belut, karena tak semua jenis umpan disukai olah si belut. Jadi di artikel kali ini kami akan memberikan ulasan rekomendasi berbagai jenis umpan yang paling cocok digunakan untuk mancing belut. Daftar umpan ini sudah terbukti manjur dan disukai belut, sehingga akan sangat memudahkan kalian dalam ngurek belut.

Jenis Umpan yang Disukai Belut


1. Precil / Anak Katak

umpan belut
anak katak / precil

Precil atau anak katak adalah salah satu mangsa belut di sawah, sehingga sudah jelas bahwa precil sangat cocok dijadikan umpan belut. Hewan ini sangat mudah dijumpai di area persawahan, jadi dengan sekali jalan, kamu bisa langsung ngurek belut sambil mencari precil sebagai umpannya di sawah.

Hanya saja umpan ini cukup menggelikan sih, atau mungkin beberapa dari kamu justru jijik dengan kodok. Tapi tenang saja, jika kamu tak mau menggunakan umpan anak kodok, kami masih memiliki alternatif umpan lainnya dibawah.

2. Keong Sawah

umpan mancing belut
keong sawah

Jenis umpan berikutnya untuk mencari belut adalah keong sawah. Untuk menggunakan umpan ini, pastikan kamu memotong motong atau mencacah dahulu si keong sawah. Umpan belut ini akan lebih jitu jika kamu racik atau campur dengan tepung udang atau kuning telur ayam rebus.

Setelah selesai di racik, langsung saja masukkan pancing ke dalam lubang belut. Tunggu sebentar saja pasti si belut sawah akan langsung memakan umpan keong tersebut. Pastikan juga kamu mencari lubang belut dengan benar sebelum memancing belut sawah, jangan salah dengan lubang kepiting atau ular.

3. Cacing Tanah

umpan mancing belut sawah
cacing tanah

Tak ada yang meragukan keampuhan cacing tanah sebagai umpan dalam memancing. Baik itu untuk memancing ikan maupun memancing belut. Apalagi cacing tanah juga mudah dicari sehingga sangat diminati untuk dijadikan umpan dalam memancing.

Cacing tanah juga tidak perlu diracik dengan campuran lainnya, cukup pasang pada mata pancing dan langsung saja digunakan untuk mancing. Umpan ini sangat kami rekomendasikan bagi kalian para pemancing belut pemula yang ingin mendapatkan hasil maksimal.

4. Belalang

umpan jitu mancing belut sawah
belalang sawah

Selain beragam umpan diatas, kamu juga bisa memakai belalang sebagai bahan umpan belut. Gunakan belalang sawah yang memiliki ukuran kecil, jangan memakai belalang ukuran besar karena pasti tidak muat di mulut belut, kecuali belutnya ukuran jumbo.

Kelebihan umpan belut memakai belalang tentunya adalah tidak terlalu menggelikan seperti memakai anak katak ataupun cacing. Hanya saja populasi belut di sawah pun kini kian sedikit, tidak seperti dahulu kala.

Pada akhirnya semua terserah kamu mau memakai umpan apa untuk memancing belut. Semua tergantung di daerah kamu lebih mudah memakai hewan apa sebagai umpan. Bahkan kamu pun bisa menggunakan pelet sebagai alternatif umpan ngurek belut. Demikianlah ulasan kali ini, semoga bermanfaat dan menginspirasi kamu untuk memilih umpan yang jitu untuk mancing belut di sawah.

No comments for "Racikan Umpan Mancing Belut Paling Jitu"